Selasa, 12 Maret 2019

JARINGAN KOMPUTER

Jaringan Komputer

Pengenalan Jaringan Komputer

       Definisi Jaringan Komputer  Jaringan Komputer adalah suatu sistem yang menggunakan dua komputer atau lebih yang di gunakan sebagai penghubung komunikasi dengan media transmisi menggunakan kabel maupun wireless
.
Manfaat jaringan komputer

 Manfaat yang di dapat pada jaringan komputer adalah :
1. Sharing resources Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
2. Media Komunikasi Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.
3. Integrasi Data Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya.
4. Pengembangan dan Pemeliharaan   Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama. Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat.
 5. Keamanan Data Sistem Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.
6. Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini Dengan pemakaian sumber daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.

 sumber:https://masgie.wordpress.com/tkj/tujuan-dan-manfaat-jaringan-komputer/


Jenis Jaringan komputer


 1. PAN (Personal Area Network) Jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer dengan perangkat lain (termasuk telepon dan asisten pribadi digital) yang dekat dengan satu orang. Perangkatnya bisa merupakan milik atau bukan milik orang tersebut. Jangkauan dari PAN ini biasanya antara 1 – 10 meter saja.
Personal Area Network (PAN) dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (intrapersonal communication), atau untuk menghubungkan ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan Internet (an uplink).
Kegunaan Personal Area Network (PAN) Menghubungkan perangkat-perangkat computerSebagai media komunikasi antara perangkat sendiri (komunikasi personal)Transfer data antara perangkat pribadi. Dan lain sebagainya
Contoh Penggunaan Jaringan Personal Area Network (PAN) Menghubungkan Smartphone dengan Laptop menggunakan Bluetooth.Menghubungkan mouse dengan Laptop menggunakan Bluetooth.Menghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan BluetoothTransfer File dari Smartphone ke Laptop menggunakan WifiMenghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan WifiMenyalakan AC,TV, dengan Smartphone menggunakan Infrared.





 2. LAN (Local Area Network) Merupakan jaringan komputer dengan cakupan jaringan yang wilayahnya kecil seperti jaringan komputer gedung, kampus, kantor, sekolah, di dalam rumah, atau di dalam satu ruangan.Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 1000 meter.  LAN dapat menghubungkan sebuah perangkat ke internet dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana. Seperti hanya dengan menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.  Karakteristik Local Area Network (LAN) Mempunyai pesat data yang lebih tinggiMeliputi wilayah geografi yang lebih sempitTidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.




 3. MAN(Metropolitan Area Network) Merupakan suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya. Karakteristik Metropolitan Area Network (MAN)Dibawah ini adalah Karakteristik MAN: Meliputi area seluas antara 5-50km.Sebuah MAN (seperti WAN) umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi.MAN sering bertindak sebagai jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagi sumber daya daerah.MAN berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. Hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak memiliki elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel.








 4. WAN(Wide Area Network) WAN atau bisa disebut Wide Area Network merupakan Jaringan Komputer yang mencakup Area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Karakteristik Wide Area Network (WAN)Dibawah ini adalah karakteristik WAN: Wide Area Network (WAN) digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang tidak dapat dihubungkan melalui jaringan LAN dan jaringan MAN. Oleh karena itu jaringan Wide Area Network (WAN) ini digunakan untuk menghubungkan jaringan yang sangat luas.Wide Area Network (WAN) memiliki cangkupan area yang sangat luas. Jadi biasanya pada jaringan WAN akan melibatkan Operator telekomunikasi, tujuannya menggunkan operator telokomunikasi yaitu supaya perangkat-perangkat yang ada dalam jaringan WAN dapat saling berkomunikasi satu sama lain.Menggunkan koneksi serial dari berbagai macam jenis untuk dapat mengakses bandwith dalam lokasi yang berjauhan atau luas.Dapat melakukan pertukaran paket data maupun frame antar router atau switch dan jaringan LAN yang sudah dibangun.Bekerja pada layer fisik dan pada layer data link dari layer Open Systems Interconnection (OSI). Fungsi dari Jaringan Wide Area Network (WAN) Menghubungkan jaringan LAN dan jaringan MAN menjadi satu jaringanMembantu mempercepat proses berbagi data atau sharing fileUntuk mempercepat sekaligus mempermudah arus komunikasi dan informasiUpdate data antar perusahaan atau kantor dapat dilakukan setiap saatMenghemat biaya operasionalMencegah terjadinya miskomunikasiMendukung operasionalitas dari sebuah perusahaan multinasional dan internasionalSarana menyampaikan informasi jadi lebih mudah, cepat dan efiseinUpdate data antar perusahaan atau kantor dapat dilakukan setiap saat dengan mudah dan murah.



sumber :  https://www.isky.web.id/2018/09/pengertian-jaringan-pan-lan-man-dan-wan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CYBER ESPIONEGE FINAL PROJECT